No.
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
INDIKATOR SOAL
|
1
|
Definisi Himpunan
|
Contoh himpunan kosong
|
Disajikan beberapa himpunan dinyatakan
dengan notasi pembentuk himpunan , peserta didik dapat menentukan contoh
himpunan kosong
|
2
|
Notasi Anggota Himpunan
|
Menyatakan himpunan dengan mendata anggotanya
|
Dinyatakan himpunan dengan kata-kata,
peserta didik dapat menyatakan himpunan tersebut dengan mendaftar anggotanya.
|
Menyatakan himpunan dengan notasi pembentuk himpunan
|
Dinyatakan himpunan dengan mendata anggotanya, peserta didik dapat
menyatakan himpunan tersebut dengan
notasi pembentuk himpunan
|
||
3
|
Himpunan Bagian
|
Menentukan banyaknya himpunan bagian
|
Disajikan sebuah himpunan yang beranggotakan n, peserta didik dapat menentukan banyaknya himpunan
bagian dari himpunan tersebut
|
Menentukan banyaknya himpunan bagian yang mempunyai n anggota
|
Disajikan sebuah himpunan yang beranggotakan
n, peserta didik dapat menentukan banyaknya himpuanan bagian yang mempunyai m
anggota
|
||
4
|
Hubungan Antar Himpunan
|
Himpunan yang sama
|
Disajikan beberapa himpunan, peserta didik
dapat menentukan himpunan himpunan yang sama
|
5
|
Operasi Himpunan
|
Irisan Dua Himpunan
|
Disajikan dua himpunan yang dinyatakan
dengan notasi pembentuk himpunan , peserta didik dapat menentukan irisan dari
dua himpunan tersebut
|
Gabungan Dua Himpunan
|
Disajikan dua himpunan yang dinyatakan
dengan mendaftar anggotanya, peserta didik dapat menentukan gabungan dari dua
himpunan tersebut
|
||
Selisih Dua Himpunan
|
Disajikan dua himpunan yang dinyatakan
dengan kata-kata, peserta didik dapat menentukan selisih dari dua himpunan
tersebut
|
||
Komplemen Himpunan
|
Disajikan dua himpunan yang dinyatakan
dengan mendaftar anggotanya , peserta didik dapat menentukan komplemen dari
irisan dua himpunan tersebut jika semestanya diketahui
|
||
6.
|
Diagram Venn
|
Menyajikan irisan dua himpunan dengan diagram Venn
|
Disajikan diagram Venn, peserta didik dapat
menentukan irisan dua himpunan
|
Disajikan dua himpunan yang dinyatakan
dengan notasi pembentuk himpunan, peserta didik dapat menentukan diagram Venn
yang merupakan irisan dua himpunan
|
|||
Menyajikan gabungan dua
himpunan dengan diagram Venn
|
Disajikan diagram Venn, peserta didik dapat
menentukan gabungan dua himpunan
|
||
Disajikan dua himpunan dengan kata-kata,
peserta didik dapat menentukan diagram Venn yang merupakan gabungan dua
himpunan
|
|||
Menyajikan kurang(selisih) suatu himpunan dari himpunan
lainnya dengan diagram Venn
|
Disajikan diagram Venn dengan daerah yang
diarsir, peserta didik dapat menentukan operasi selisih dua himpunan
|
||
Disajikan dua himpunan dan himpunan
semestanya dengan mendaftar anggotanya, peserta didik dapat menentukan gambar
diagram Venn daerah arsiran yang merupakan selisih dua himpunan
|
|||
Menyajikan komplemen suatu
himpunan
|
|||
7.
|
Menyelesaikan Masalah Menggunakan Konsep
Himpunan
|
Menyelesaikan masalah
dengan menggunakan diagram Venn
|
Ditentukan suatu kelas terdapat n siswa dimana p siswa
gemar IPA q siswa gemar matematika dengan syarat
![]() |
Menyelesaikan masalah
dengan menggunakan konsep himpunan
|
Ditentukan suatu kelas terdapat n siswa dimana yang mengikuti
ekstrakurikuler PMR sebanyak p siswa
yang mengikuti pramuka q siswa dan
tidak mengikuti keduanya r siswa
dengan syarat
![]() |
||
Ditentukan suatu kelas terdapat n siswa dimana yang senang pelajaran
bahasa arab sebanyak p siswa yang
senang pelajaran bahasa indonesia sebanyak q siswa dan yang mengikuti
keduanya r siswa dengan syarat
![]() |
|||
8.
|
Garis
|
Menyebutkan contoh dua garis sejajar
|
Disajikan beberapa gambar garis yang acak,
peserta didik dapat menentukan pasangan garis yang sejajar
|
Menyebutkan
contoh dua garis berimpit
|
Disajikan beberapa gambar garis yang acak, peserta
didik dapat menentukan pasangan garis yang berimpit
|
||
Menyebutkan
contoh dua garis berpotongan.
|
Disajikan gambar balok, peserta didik dapat
menentukan pasangan garis berpotongan
|
||
Menyebutkan
contoh dua garis bersilangan
|
Disajikan gambar kubus, peserta didik dapat
menentukan pasangan garis bersilangan
|
||
Membagi ruas garis menjadi n bagian yang sama panjang dengan jangka.
|
Disajikan prosedur acak cara membagi garis
menjadi n bagian yang sama panjang
, peserta didik dapat mengurutkan prosedur tersebut dengan tepat
|
||
Disajikan panjang sebuah garis, peserta
didik dapat menentukan panjang salah satu segmen garis jika dibagi menjadi
dua segmen dengan perbandingan tertentu
|
|||
Disajikan panjang salah satu segmen garis,
peserta didik dapat menentukan selisih panjang kedua segmen garis jika
diketahui perbandingan kedua segmen garis tersebut
|
|||
9.
|
Perbandingan Segmen Garis
|
Menentukan Panjang dan Perbandingan Segmen
Garis
|
Disajikan dua segitiga samasisi yang kedua
sisinya berimpit, peserta didik dapat menentukan perbandingan sisi yang
sejajar jika diketahui panjang sisi kedua segitiga tersebut
|
Disajikan dua buah segitiga yang berimpit kedua
sisinya, peserta didik dapat menentukan panjang sisi yang berimpit pada
segitiga kecil jika diketahui panjang sisi yang berimpit pada segitiga besar
dan panjang kedua sisi yang sejajar
|
|||
Disajikan dua buah segitiga yang berimpit
kedua sisinya, peserta didik dapat menentukan panjang sisi yang berimpit pada
segitiga kecil jika diketahui panjang kedua sisi yang sejajar dan selisih panjang dua garis yang berimpit
|
|||
10.
|
Sudut
|
Menentukan satuan sudut
yang sering digunakan
|
Disajikan sudut dalam bentuk desimal dengan
satuan derajat, peserta didik dapat menyederhanakannya dalam satuan derajat
dan menit
|
Disajikan sudut dalam satuan derajat, menit
dan detik, peserta didik dapat menyederhanakannya dalam bentuk paling sederhana
|
|||
Disajikan waktu pada jam tertentu, peserta
didik dapat menentukan besarnya sudut yang dibentuk oleh jarum pendek dan
jarum panjang
|
|||
Menentukan operasi sudut
|
Disajikan dua buah sudut dalam derajat,
menit dan detik, peserta didik dapat menjumlahkannya
|
||
Disajikan tiga buah sudut dalam derajat,
menit dan detik, peserta didik dapat menjumlahkan dan mengurangkannya
|
|||
11.
|
Menggambar dan memeberi nama sudut
|
Mengukur besar sudut dengan busur derajat
|
Disajikan gambar sudut dengan busur derajat
yang menunjukkan ukuran sudut tersebut , peserta didik dapat menentukan
besarnya sudut yang dimaksud
|
Disajikan prosedur acak mengukur sudut
menggunakan busur, peserta didik dapat mengurutkannya dengan tepat
|
|||
12.
|
Jenis-Jenis Sudut
|
Menjelaskan perbedaan
jenis sudut (siku, lancip, tumpul)
|
Disajikan waktu yang menunjukkan pukul
tertentu, peserta didik dapat menentukan jenis sudut yang dibentuk oleh kedua
jarum jam yang dimaksud
|
Disajikan sebuah lingkaran dan sudut pusat,
peserta didik dapat menentukan besar sudut refleksinya
|
|||
Disajikan sudut lurus, peserta didik dapat
menentukan
![]() |
Kamis, 20 Februari 2014
Kisi-Kisi TB-2 Kelas 7
Langganan:
Postingan (Atom)