Kamis, 20 Februari 2014

Kisi-Kisi TB-2 Kelas 7




No.
MATERI POKOK
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL
1
Definisi Himpunan
Contoh himpunan kosong
Disajikan beberapa himpunan dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan , peserta didik dapat menentukan contoh himpunan kosong
2
Notasi Anggota Himpunan
Menyatakan himpunan dengan mendata anggotanya
Dinyatakan himpunan dengan kata-kata, peserta didik dapat menyatakan himpunan tersebut dengan mendaftar anggotanya.
Menyatakan himpunan dengan notasi pembentuk himpunan
Dinyatakan himpunan dengan  mendata anggotanya, peserta didik dapat menyatakan  himpunan tersebut dengan notasi pembentuk himpunan
3
Himpunan Bagian
Menentukan banyaknya himpunan bagian
Disajikan sebuah himpunan  yang beranggotakan n, peserta  didik dapat menentukan banyaknya himpunan bagian dari himpunan tersebut
Menentukan banyaknya himpunan bagian yang mempunyai n anggota
Disajikan sebuah himpunan yang beranggotakan n, peserta didik dapat menentukan banyaknya himpuanan bagian yang mempunyai m anggota
4
Hubungan Antar Himpunan
Himpunan yang sama
Disajikan beberapa himpunan, peserta didik dapat menentukan himpunan himpunan yang sama
5
Operasi Himpunan
Irisan Dua Himpunan
Disajikan dua himpunan yang dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan , peserta didik dapat menentukan irisan dari dua himpunan tersebut
Gabungan Dua Himpunan
Disajikan dua himpunan yang dinyatakan dengan mendaftar anggotanya, peserta didik dapat menentukan gabungan dari dua himpunan tersebut
Selisih Dua Himpunan
Disajikan dua himpunan yang dinyatakan dengan kata-kata, peserta didik dapat menentukan selisih dari dua himpunan tersebut
Komplemen Himpunan
Disajikan dua himpunan yang dinyatakan dengan mendaftar anggotanya , peserta didik dapat menentukan komplemen dari irisan dua himpunan tersebut jika semestanya diketahui
6.
Diagram Venn
Menyajikan irisan dua himpunan dengan  diagram Venn
Disajikan diagram Venn, peserta didik dapat menentukan irisan dua himpunan
Disajikan dua himpunan yang dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan, peserta didik dapat menentukan diagram Venn yang merupakan irisan dua himpunan
Menyajikan gabungan dua himpunan dengan  diagram Venn
Disajikan diagram Venn, peserta didik dapat menentukan gabungan dua himpunan
Disajikan dua himpunan dengan kata-kata, peserta didik dapat menentukan diagram Venn yang merupakan gabungan dua himpunan
Menyajikan kurang(selisih) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram Venn
Disajikan diagram Venn dengan daerah yang diarsir, peserta didik dapat menentukan operasi selisih dua himpunan
Disajikan dua himpunan dan himpunan semestanya dengan mendaftar anggotanya, peserta didik dapat menentukan gambar diagram Venn daerah arsiran yang merupakan selisih dua himpunan
Menyajikan komplemen suatu himpunan
peserta didik dapat menentukan gambar diagram Venn dari operasi
7.
Menyelesaikan Masalah Menggunakan Konsep Himpunan
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan   diagram Venn
Ditentukan  suatu kelas terdapat n siswa dimana p siswa gemar IPA q siswa gemar matematika dengan syarat , peserta didik dapat menentukan gambar diagram venn  dari masalah tersebut
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan   konsep himpunan
Ditentukan suatu kelas terdapat n siswa dimana yang mengikuti ekstrakurikuler PMR sebanyak p siswa yang mengikuti pramuka q siswa dan tidak mengikuti keduanya r siswa dengan syarat , peserta didik dapat menentukan banyaknya siswa yang hanya mengikuti ekstrakurikuler PMR
Ditentukan suatu kelas terdapat n siswa dimana yang senang pelajaran bahasa arab sebanyak p siswa yang senang pelajaran bahasa indonesia sebanyak q siswa dan yang  mengikuti keduanya r siswa dengan syarat , peserta didik dapat menentukan banyaknya siswa yang senang keduanya
8.
Garis
Menyebutkan contoh  dua garis sejajar
Disajikan beberapa gambar garis yang acak, peserta didik dapat menentukan pasangan garis yang sejajar
Menyebutkan contoh  dua garis berimpit
Disajikan beberapa gambar garis yang acak, peserta didik dapat menentukan pasangan garis yang berimpit
Menyebutkan contoh  dua garis berpotongan.
Disajikan gambar balok, peserta didik dapat menentukan pasangan garis berpotongan
Menyebutkan contoh  dua garis bersilangan
Disajikan gambar kubus, peserta didik dapat menentukan pasangan garis bersilangan
Membagi ruas garis   menjadi n bagian yang sama panjang dengan jangka.
Disajikan prosedur acak cara membagi garis menjadi n bagian yang sama panjang , peserta didik dapat mengurutkan prosedur tersebut dengan tepat
Disajikan panjang sebuah garis, peserta didik dapat menentukan panjang salah satu segmen garis jika dibagi menjadi dua segmen dengan perbandingan tertentu
Disajikan panjang salah satu segmen garis, peserta didik dapat menentukan selisih panjang kedua segmen garis jika diketahui perbandingan kedua segmen garis tersebut
9.
Perbandingan Segmen Garis
Menentukan Panjang dan Perbandingan Segmen Garis
Disajikan dua segitiga samasisi yang kedua sisinya berimpit, peserta didik dapat menentukan perbandingan sisi yang sejajar jika diketahui panjang sisi kedua segitiga tersebut
Disajikan dua buah segitiga yang berimpit kedua sisinya, peserta didik dapat menentukan panjang sisi yang berimpit pada segitiga kecil jika diketahui panjang sisi yang berimpit pada segitiga besar dan panjang kedua sisi yang sejajar
Disajikan dua buah segitiga yang berimpit kedua sisinya, peserta didik dapat menentukan panjang sisi yang berimpit pada segitiga kecil jika diketahui panjang kedua sisi yang sejajar dan  selisih panjang dua garis yang berimpit
10.
Sudut
Menentukan satuan sudut yang sering digunakan
Disajikan sudut dalam bentuk desimal dengan satuan derajat, peserta didik dapat menyederhanakannya dalam satuan derajat dan menit
Disajikan sudut dalam satuan derajat, menit dan detik, peserta didik dapat menyederhanakannya  dalam bentuk paling sederhana
Disajikan waktu pada jam tertentu, peserta didik dapat menentukan besarnya sudut yang dibentuk oleh jarum pendek dan jarum panjang
Menentukan operasi sudut
Disajikan dua buah sudut dalam derajat, menit dan detik, peserta didik dapat menjumlahkannya  
Disajikan tiga buah sudut dalam derajat, menit dan detik, peserta didik dapat menjumlahkan dan mengurangkannya 
11.
Menggambar dan memeberi nama sudut
Mengukur besar sudut dengan busur derajat

Disajikan gambar sudut dengan busur derajat yang menunjukkan ukuran sudut tersebut , peserta didik dapat menentukan besarnya sudut yang dimaksud
Disajikan prosedur acak mengukur sudut menggunakan busur, peserta didik dapat mengurutkannya dengan tepat
12.
Jenis-Jenis Sudut
Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)
Disajikan waktu yang menunjukkan pukul tertentu, peserta didik dapat menentukan jenis sudut yang dibentuk oleh kedua jarum jam yang dimaksud
Disajikan sebuah lingkaran dan sudut pusat, peserta didik dapat menentukan besar sudut refleksinya 
Disajikan sudut lurus, peserta didik dapat menentukan