Nama Madrasah :
MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
VIII / 2
Tahun Pelajaran :
2013/2014
Indikator
KD
|
Indikator
Soal
|
4.1.1.Menyebutkan unsur-unsur lingkaran
|
Disajikan contoh dan bukan contoh
unsur-unsur lingkaran, peserta didik dapat menentukan unsur-unsur lingkaran
|
4.2.1.
Menemukan
nilai Phi
|
|
4.2.2.
Menentukan
rumus keliling lingkaaran
|
|
4.2.3.
Menghitung
keliling lingkaran
|
Disajikan
diameter lingkaran bukan kelipatan tujuh, peserta didik dapat menentukan
keliling lingkaran
|
Disajikan keliling lingkaran, peserta didik
dapat menentukan diameter lingkaran
|
|
4.2.4.
Menghitung
selisih keliling dua lingkaran
|
Disajikan dua lingkaran, peserta didik dapat
menentukan selisih keliling kedua lingkaran tersebut, jika selisih kedua jari
– jarinya diketahui
|
4.2.5.
Menghitung
perbandingnan keliling dua lingkaran
|
Disajikan dua lingkaran, peserta didik dapat
menentukan perbandingan keliling kedua lingkaran tersebut, jika perbandingan
kedua jari – jarinya diketahui
|
4.2.6.
Menentukan
luas daerah lingkaran
|
|
4.2.7.
Menghitung
luas daerah lingkaran
|
Disajikan
luas daerah lingkaran, peserta didik dapat menentukan panjang jari-jari
lingkaran dengan kelipatan tujuh
|
Disajikan luas daerah lingkaran, peserta didik
dapat menentukan panjang diameter lingkaran yang bukan kelipatan tujuh
|
|
4.2.8.
Menghitung
selisih luas daerah dua lingkaran
|
Peserta didik dapat menentukan selisih luas
kedua lingkaran, jika selisih kedua jari – jarinya diketahui
|
4.2.9.
Menghitung
perbandingan luas daerah dua lingkaran
|
Peserta didik dapat menentukan perbandingan
luas dua lingkaran , jika perbandingan kedua jari – jarinya diketahui.
|
4.3.1.
Menentukan
hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas daerah juring
|
Disajikan sudut pusat lingkaran dan
jari-jari lingkaran, peserta didik dapat menentukan panjang busur lingkaran
|
4.3.2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas
daerah juring
|
Disajikan sudut pusat lingkaran dan panjang
keliling suatu lingkaran, peserta didik dapat menentukan luas juring
lingkaran
|
4.3.3.
Menentukan
hubungan sudut pusat dan sudut keliling
|
Disajikan sudut pusat lingkaran, peserta
didik dapat menentukan sudut keliling lingkaran yang menghadap busur yang
sama
|
4.3.4.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan sudut pusat dan sudut keliling
|
Disajikan sudut pusat lingkaran, peserta
didik dapat menentukan jumlah dari beberapa sudut keliling yang menghadap
busur yang sama
|
4.3.5.
Menentukan
keliling lingkaran
|
Peserta didik dapat menentukan banyaknya
pohon yang dapat ditanam di sekeliling taman yang berbentuk lingkaran, jika
diketahui panjang diameternya dengan kelipatan 7.
|
4.3.6.
Menentukan
luas lingkaran
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat
menentukan luas daerah yang diarsir
|
4.4.1.1 Menyebutkan contoh garis singgung
|
Disajikan gambar beberapa garis yang memotong
lingkaran, peserta didik dapat menyebutkan garis yang merupakan garis
singgung lingkaran
|
4.4.1.2 Melukis garis singgung lingkaran
melalui titik pada lingkaran
|
Disajikan koordinat titik pusat lingkaran P(x, y)
dan panjang jari-jarinya , peserta didik dapat menentukan salah satu koordinat
titik singgung yang mungkin dari garis singgung lingkaran.
|
4.4.1.3 Melukis garis singgung lingkaran
melalui titik di luar lingkaran
|
Disajikan langkah-langkah melukis garis singgung
melalui titik di luar lingkaran secara acak, peserta didik dapat menentukan
urutan ke-n.
|
4.4.1.4 Menghitung panjang garis singgung lingkaran
|
Disajikan lingkaran dan titik di luar lingkaran,
peserta didik dapat menghitung panjang garis singgung lingkaran jika
diketahui jarak titik pusat ke titik di luar lingkaran dan jari-jari
lingkaran
|
Disajikan lingkaran dan titik di luar lingkaran,
peserta didik dapat menentukan jarak titik pusat ke sebuah titik di luar
lingkaran jika diketahui panjang garis singgung lingkaran dan jari-jarinya,.
|
|
Disajikan lingkaran dan titik di luar lingkaran,
peserta didik dapat menentukan jari-jari lingkaran, jika diketahui jarak
jarak titik pusat ke titik di luar lingkaran dan jari-jari lingkaran panjang
garis singgung lingkaran dan jari-jarinya,.
|
|
Disajikan dua garis singgung lingkaran yang melalui
titik di luar lingkaran dan dua jari-jari yang melalui titik singgung dari
kedua garis singgung tersebut peserta didik dapat menghitung luas segitiga
jika diketahui panjang garis singgung dan jari-jarinya
|
|
Disajikan dua garis singgung lingkaran yang melalui
titik di luar lingkaran dan dua jari-jari yang melalui titik singgung dari
kedua garis singgung tersebut peserta didik dapat menghitung luas
layang-layang jika diketahui jarak titik pusat ke titik di luar lingkaran dan
jari-jarinya
|
|
Disajikan dua garis singgung lingkaran yang melalui
titik di luar lingkaran dan dua jari-jari yang melalui titik singgung dari
kedua garis singgung tersebut peserta didik dapat menghitung tali busur yang
menghubungkan kedua titik singgung jika diketahui luas layang-layang garis singgung
dan jarak titik pusat lingkaran ke titik di luar lingkaran
|
|
4.4.1.5 Menentukan kedudukan dua lingkaran
|
Disajikan dua buah
lingkaran peserta didik dapat menentukan kedudukan dua lingkaran jika
jarak kedua titik pusat sama dengan nol
|
4.4.1.6 Melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran
|
Disajikan prosedur acak melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran peserta didik dapat menentukan
urutan ke-n
|
4.4.1.7 Melukis garis singgung persekutuan luar dua lingkaran
|
Disajikan prosedur acak melukis garis singgung persekutuan luar dua lingkaran peserta didik dapat
menentukan urutan ke-n
|
Disajikan garis
singgung persekutuan luar dua lingkaran peserta didik dapat menentukan tripel Pythagoras
jika diketahui nama titik pusat dan titik – titik singgung garis singgung persekutuan
luar dua lingkaran
|
|
4.4.1.8 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran
|
Disajikan garis
singgung persekutuan dalam dua lingkaran beserta unsur-unsurnya peserta didik dapat
menentukan panjang garis singgung lingkaran
|
Disajikan panjang garis
singgung persekutuan dalam dua lingkaran peserta
didik dapat menentukan perbandingan jari-jari
jika diketahui panjang salah satu jari-jari dan jarak kedua pusat
kedua lingkaran
|
|
Disajikan garis
singgung persekutuan dalam dua lingkaran peserta didik dapat menentukan panjang garis
singgung lingkaran jika diketahui kedua jari-jari lingkaran dan jarak
kedua lingkaran
|
|
Disajikan garis
singgung persekutuan dalam dua lingkaran peserta didik dapat menentukan jarak kedua lingkaran jika diketahui kedua jari-jari lingkaran
dan panjang garis singgung lingkaran
|
|
Disajikan garis
singgung persekutuan dalam dua lingkaran peserta didik dapat menentukan panjang
jar-jari lingkaran kedua jika diketahui jari-jari lingkaran pertama dan jarak kedua
lingkaran
|
|
Disajikan panjang garis
singgung persekutuan dalam dua lingkaran peserta didik dapat menentukan perbandingan luas
lingkaran pertama dan kedua jika diketahui panjang jari-jari lingkaran pertama dan jarak kedua
pusat lingkaran
|
|
4.4.1.9 Menentukan panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran
|
Disajikan garis
singgung persekutuan luar dua lingkaran peserta didik dapat menentukan panjang garis
singgung lingkaran jika diketahui kedua jari-jari lingkaran dan jarak
kedua lingkaran
|
Disajikan garis
singgung persekutuan luar dua lingkaran peserta didik dapat menentukan jarak kedua lingkaran jika diketahui kedua jari-jari lingkaran
dan panjang garis singgung lingkaran
|
|
Disajikan garis
singgung persekutuan luar dua lingkaran peserta didik dapat menentukan panjang
jar-jari lingkaran kedua jika diketahui jari-jari lingkaran pertama dan jarak kedua
lingkaran
|
|
Disajikan panjang jari-jari dua lingkaran
dan panjang garis singgung persekutuan luarnya peserta didik dapat menentukan
jarak kedua pusat lingkaran
|
|
Disajikan panjang salah satu
jari-jari lingkaran peserta didik dapat menentukan panjang
jari-jari yang lain jika panjang garis singgung persekutuan luar dua
lingkaran dan jarak kedua pusat lingkaran diketahui
|
|
Disajikan panjang garis
singgung persekutuan luar dua lingkaran peserta didik dapat menentukan perbandingan luas
lingkaran pertama dan kedua jika diketahui panjang jari-jari lingkaran pertama dan jarak kedua
pusat lingkaran
|