Kamis, 27 Februari 2014

Kisi-Kisi TB-2 Kelas 8



Nama Madrasah       : MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu
Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas/Semester        : VIII / 2
Tahun Pelajaran       : 2013/2014


Indikator KD
Indikator Soal
4.1.1.Menyebutkan unsur-unsur lingkaran
Disajikan contoh dan bukan contoh unsur-unsur lingkaran, peserta didik dapat menentukan unsur-unsur lingkaran
4.2.1.   Menemukan nilai Phi

4.2.2.   Menentukan rumus keliling lingkaaran

4.2.3.   Menghitung keliling lingkaran
Disajikan diameter lingkaran bukan kelipatan tujuh, peserta didik dapat menentukan keliling lingkaran
Disajikan keliling lingkaran, peserta didik dapat menentukan diameter lingkaran
4.2.4.   Menghitung selisih keliling dua lingkaran
Disajikan dua lingkaran, peserta didik dapat menentukan selisih keliling kedua lingkaran tersebut, jika selisih kedua jari – jarinya diketahui
4.2.5.   Menghitung perbandingnan keliling dua lingkaran
Disajikan dua lingkaran, peserta didik dapat menentukan perbandingan keliling kedua lingkaran tersebut, jika perbandingan kedua jari – jarinya diketahui
4.2.6.   Menentukan luas daerah lingkaran

4.2.7.   Menghitung luas daerah lingkaran
Disajikan luas daerah lingkaran, peserta didik dapat menentukan panjang jari-jari lingkaran dengan kelipatan tujuh
Disajikan luas daerah lingkaran, peserta didik dapat menentukan panjang diameter lingkaran yang bukan kelipatan tujuh
4.2.8.   Menghitung selisih luas daerah dua lingkaran
Peserta didik dapat menentukan selisih luas kedua lingkaran, jika selisih kedua jari – jarinya diketahui
4.2.9.   Menghitung perbandingan luas daerah dua lingkaran
Peserta didik dapat menentukan perbandingan luas dua lingkaran , jika perbandingan kedua jari – jarinya diketahui.
4.3.1.   Menentukan hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas daerah juring
Disajikan sudut pusat lingkaran dan jari-jari lingkaran, peserta didik dapat menentukan panjang busur lingkaran
4.3.2.   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas daerah juring
Disajikan sudut pusat lingkaran dan panjang keliling suatu lingkaran, peserta didik dapat menentukan luas juring lingkaran
4.3.3.   Menentukan hubungan sudut pusat dan sudut keliling
Disajikan sudut pusat lingkaran, peserta didik dapat menentukan sudut keliling lingkaran yang menghadap busur yang sama
4.3.4.   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan sudut pusat dan sudut keliling
Disajikan sudut pusat lingkaran, peserta didik dapat menentukan jumlah dari beberapa sudut keliling yang menghadap busur yang sama
4.3.5.   Menentukan keliling lingkaran
Peserta didik dapat menentukan banyaknya pohon yang dapat ditanam di sekeliling taman yang berbentuk lingkaran, jika diketahui panjang diameternya dengan kelipatan 7.
4.3.6.   Menentukan luas lingkaran
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan luas  daerah yang diarsir

 4.4.1.1   Menyebutkan contoh garis singgung
Disajikan gambar beberapa garis yang memotong lingkaran, peserta didik dapat menyebutkan garis yang merupakan garis singgung lingkaran
 4.4.1.2   Melukis  garis singgung lingkaran melalui titik pada lingkaran
Disajikan koordinat titik pusat lingkaran P(x, y) dan panjang jari-jarinya , peserta didik dapat menentukan salah satu koordinat titik singgung yang mungkin dari garis singgung lingkaran.
 4.4.1.3   Melukis  garis singgung lingkaran melalui titik di luar lingkaran
Disajikan langkah-langkah melukis garis singgung melalui titik di luar lingkaran secara acak, peserta didik dapat menentukan urutan ke-n.
 4.4.1.4   Menghitung panjang garis singgung lingkaran
Disajikan lingkaran dan titik di luar lingkaran, peserta didik dapat menghitung panjang garis singgung lingkaran jika diketahui jarak titik pusat ke titik di luar lingkaran dan jari-jari lingkaran
Disajikan lingkaran dan titik di luar lingkaran, peserta didik dapat menentukan jarak titik pusat ke sebuah titik di luar lingkaran jika diketahui panjang garis singgung lingkaran dan jari-jarinya,.
Disajikan lingkaran dan titik di luar lingkaran, peserta didik dapat menentukan jari-jari lingkaran, jika diketahui jarak jarak titik pusat ke titik di luar lingkaran dan jari-jari lingkaran panjang garis singgung lingkaran dan jari-jarinya,.
Disajikan dua garis singgung lingkaran yang melalui titik di luar lingkaran dan dua jari-jari yang melalui titik singgung dari kedua garis singgung tersebut peserta didik dapat menghitung luas segitiga jika diketahui panjang garis singgung dan jari-jarinya
Disajikan dua garis singgung lingkaran yang melalui titik di luar lingkaran dan dua jari-jari yang melalui titik singgung dari kedua garis singgung tersebut peserta didik dapat menghitung luas layang-layang jika diketahui jarak titik pusat ke titik di luar lingkaran dan jari-jarinya
Disajikan dua garis singgung lingkaran yang melalui titik di luar lingkaran dan dua jari-jari yang melalui titik singgung dari kedua garis singgung tersebut peserta didik dapat menghitung tali busur yang menghubungkan kedua titik singgung jika diketahui luas layang-layang garis singgung dan jarak titik pusat lingkaran ke titik di luar lingkaran
 4.4.1.5   Menentukan kedudukan dua lingkaran
Disajikan dua buah  lingkaran peserta didik dapat menentukan kedudukan dua lingkaran jika jarak kedua titik pusat sama dengan nol
 4.4.1.6   Melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran
Disajikan prosedur acak melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran peserta didik dapat menentukan urutan ke-n
 4.4.1.7   Melukis garis singgung persekutuan luar dua lingkaran
Disajikan prosedur acak melukis garis singgung persekutuan luar dua lingkaran peserta didik dapat menentukan urutan ke-n
Disajikan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran peserta didik dapat menentukan tripel Pythagoras jika diketahui nama titik pusat dan titik – titik singgung  garis singgung persekutuan luar dua lingkaran
 4.4.1.8   Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran
Disajikan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran beserta unsur-unsurnya peserta didik dapat menentukan panjang garis singgung lingkaran
Disajikan panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran peserta didik dapat menentukan perbandingan jari-jari  jika diketahui panjang salah satu jari-jari dan jarak kedua pusat kedua lingkaran
Disajikan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran peserta didik dapat menentukan panjang garis singgung lingkaran jika diketahui kedua jari-jari lingkaran dan jarak kedua  lingkaran
Disajikan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran peserta didik dapat menentukan jarak  kedua lingkaran  jika diketahui kedua jari-jari lingkaran dan panjang garis singgung  lingkaran
Disajikan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran peserta didik dapat menentukan panjang jar-jari  lingkaran  kedua jika diketahui  jari-jari lingkaran pertama dan jarak kedua lingkaran
Disajikan panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran peserta didik dapat menentukan perbandingan luas lingkaran pertama dan kedua jika diketahui panjang  jari-jari lingkaran pertama dan jarak kedua pusat lingkaran
 4.4.1.9   Menentukan panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran
Disajikan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran peserta didik dapat menentukan panjang garis singgung lingkaran jika diketahui kedua jari-jari lingkaran dan jarak kedua  lingkaran
Disajikan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran peserta didik dapat menentukan jarak  kedua lingkaran  jika diketahui kedua jari-jari lingkaran dan panjang garis singgung  lingkaran
Disajikan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran peserta didik dapat menentukan panjang jar-jari  lingkaran  kedua jika diketahui  jari-jari lingkaran pertama dan jarak kedua lingkaran
Disajikan panjang jari-jari dua lingkaran dan panjang garis singgung persekutuan luarnya   peserta didik dapat menentukan jarak kedua pusat lingkaran
Disajikan panjang salah satu jari-jari  lingkaran  peserta didik dapat menentukan panjang jari-jari yang lain jika panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran dan jarak kedua pusat lingkaran diketahui 
Disajikan panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran peserta didik dapat menentukan perbandingan luas lingkaran pertama dan kedua jika diketahui panjang  jari-jari lingkaran pertama dan jarak kedua pusat lingkaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar